Belajar Wordpress Untuk Pemula Part 5 - Tutorial Cara Mengatur Menu Navigasi Pada WordPress



Bagaimana Cara Mengatur Menu Navigasi Pada WordPress? Menu navigasi merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam sebuah blog atau website. Tanpa adanya menu navigasi maka blog akan terlihat hambar. Hal ini dikarenakan menu navigasi lah yang berperan penting dalam mendeskripsikan point isi dari blog/website kepada para pengunjung.
Sebagai contoh seperti pada blog ini. Pada bagian menu navigasi nya saya menyematkan berbagai fitur dari blog, mulai dari link yang akan mengarahkan pengunjung kepada halaman tutorial. Dihalaman tutorial nantinya anda dapat mencari sendiri tutorial apakah yang ingin di pelajarl atau hanya sekedar di baca-baca saja. 
Terlepas dari pengertian serta kegunaan menu navigasi, Wordpress terbukti sukses membuat fitur ini menjadi sangat mudah untuk digunakan, karena pada wordpress kita sudah tidak perlu repot mengedit source code atau syntax untuk mengatur menu navigasi, baik dalam hal membuat menu, mengedit atau bahkan menghapus menu navigasi dapat langsung dilakukan secara mudah pada halaman user interface dashboard wordpress tanpa harus mengedit source code nya. Bukankah Sangat praktis kan?

Cara Membuat Menu Navigasi Pada WordPress

Setelah kita berkenalan tentang apa itu menu navigasi pada wordpress, sekarang langsung saja kita mempelajari bagaimana cara membuat menu navigasinya, mengedit menu navigasi, mengatur menu navigasi, serta menghapus menu navigasi pada wordpress.

Dalam menu navigasi terdapat istilah dropdown, dimana sebuah menu dapat memiliki sub menu atau dapat disebut menu turunan. Sebagai contoh ada sebuah menu tutorial, dan didalam menu tutorial terdapat sub menu html, wordpress, javascript dan lain sebagainya. Untuk membuat menu tersebut di wordpress, kita bisa melakukannya dengan mudah. Caranya simak penjelasan mengenai bagaimana cara mengatur menu navigasi wordpress pada blog ini.

Cara Mengatur Menu Navigasi Wordpress

Anda dapat angsung login ke halaman wordpress anda dan menuju halaman pengaturan menu navigasi pada wordpress. Caranya ada pada tab appearance -> menus.


langkah selanjutnya kita akan di arahkan ke halaman pengaturan menu navigasi wordpress.

Pada langkah ini kita buat dulu menu baru, yang nantinya akan kita buat menu navigasi didalam menu yang kita buat ini. Cara dengan klik pada create a new menu, lalu anda akan di arahkan lagi ke halaman untuk pembuatan menu baru. Pada tahap ini anda dapat mengetikkan nama menu yang ingin dibuat. Disini saya akan membuat menu dengan nama "contoh menu". Setelah itu klik tombol create menu.


Lalu anda aktifkan terlebih dahulu menu "Contoh Menu" yang sebelumnya telah kita buat, caranya adalah dengan klik tab manage locations.


Biasanya lokasi dari menu tergantung kepada template wordpress yang kita sedang gunakan, kebetulan template yang sedang saya gunakan ini hanya memiliki 1 lokasi menu yaitu primary menu, dan pilihan menu yang telah kita buat tadi di bagian primary menu seperti gambar diatas. Setalah selesai silahkan klik save changes.

Mengatur Navigation Menu WordPress

Dibagian sebelah kiri terdapat form yang fungsinya untuk membuat menu navigasi. Dan dapat digunakan untuk membuat menu yang mengarah ke page atau halaman blog postingan dan ada juga custom (pengaturan link tujuan sesuai keinginan).


Anda dapat menambahkan sesuai keinginan dan juga dapat diurutkan sesuai keinginan dengan cara menyeret atau klik & drag menu yang diinginkan untuk dipindah langsung ke tampat atau urutan yang diinginkan.


Setelah anda selesai mengatur menu navigasi, silahkan klik Save Menu. Dan anda dapat melihat hasilnya.


Itulah artikel mengenai Belajar Wordpress Untuk Pemula Part 5 - Tutorial Cara Mengatur Menu Navigasi Pada WordPress. Baca Juga artikel Belajar Wordpress Untuk Pemula Part lainnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Belajar Wordpress Untuk Pemula Part 5 - Tutorial Cara Mengatur Menu Navigasi Pada WordPress"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Untuk Download Program Aplikasi Dan Tutorial Gratis